Hutama Karya Bangun 6 Jalur untuk Gajah di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

Rahmat Fiansyah ยท Senin, 02 Desember 2019 - 13:28 WIB
Hutama Karya Bangun 6 Jalur untuk Gajah di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

Gerbang Tol ruas Pekanbaru-Dumai. (Foto: Humas Hutama Karya)

JAKARTA, iNews.id - PT Hutama Karya (Persero) tengah menyelesaikan pembangunan Tol Trans Sumatra. Salah satunya ruas Pekanbaru-Dumai di Riau sepanjang 131 kilometer (km).

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan, Hutama Karya tidak hanya membangun fisik jalan tol saja. Perseroan membangun enam perlintasan gajah di ruas Pekanbaru-Dumai untuk menjaga ekosistem habitat hewan mamalia tersebut.

"Tepatnya di seksi empat yaitu daerah Kandis Utara dan Duri Selatan," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (2/12/2019).

BACA JUGA:

Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka Maret 2020, Ini Progres Ruas-Ruas Tol Trans Sumatra

Jokowi Gratiskan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Selama Sebulan

Menurut Fauzan, Riau merupakan provinsi dengan populasi gajah yang cukup banyak. Data terakhir pada 2007, ada sekitar 210 ekor Gajah yang tersebar di provinsi tersebut.

Fauzan memastikan jalur perlintasan khusus gajah ini hanya sementara. Nantinya, perlintasan ini akan menjadi daerah jelajah gajah.

"Nantinya setelah rampung, perlintasan tersebut akan dinaturalisasi, dikembalikan seperti semula, dengan ditanami tanaman yang disukai oleh gajah," ujarnya.

Sebagai informasi, progres ruas tol Pekanbaru Dumai saat ini sudah mencapai 77 persen. Seksi I sepanjang 9,5 km bahkan bakal selesai pada akhir 2019. Namun, keseluruhannya ditargetkan rampung Maret 2020.


Editor : Rahmat Fiansyah