Imbas Virus Korona, Ekonomi Singapura Terancam Tumbuh Minus pada 2020

Rahmat Fiansyah ยท Senin, 17 Februari 2020 - 15:35 WIB
Imbas Virus Korona, Ekonomi Singapura Terancam Tumbuh Minus pada 2020

Pelabuhan. (Foto: illustrasi/Ant)

SINGAPURA, iNews.id - Produk domestik bruto (PDB) Singapura berpotensi tumbuh negatif pada tahun ini. Proyeksi tersebut didasarkan pada situasi terkini Negeri Singa yang terdampak serius virus korona.

Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura memprediksi pertumbuhan PDB Singapura pada 2020 berada di kisaran -0,5 hingga 1,5 persen. Angka ini lebih rendah dari perkiraan awal sebesar 0,5 hingga 2,5 persen.

"Proyeksi (awal) berdasarkan premis perbaikan ekonomi global yang sejalan dengan siklus perdagangan elektronik pada 2020. Lalu kemudian, ada COVID-19 (virus korona) yang mewabah di China, Singapura, dan banyak negara-negara di dunia," kata juru bicara kementerian, dilansir CNBC, Senin (17/2/2020).

Singapura sejauh ini telah mengonfirmasi 75 kasus virus korona, terbesar setelah China. Sejumlah sektor usaha seperti manufaktur dan perdagangan diprediksi tertekan. Namun yang terparah justru terjadi di sektor pariwisata.

"Situasi COVID-19 masih terus berlanjut, pemerintah akan memonitor perkembangan dan dampaknya terhadap ekonomi Singapura," kata kementerian.

Singapura saat ini tengah menghadapi risiko perlambatan ekonomi seiring tingginya ketidakpastian ekonomi global. Sepanjang tahun lalu, ekonomi negara itu tumbuh 0,7 persen.

Editor : Rahmat Fiansyah