Ini Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terbaru dari IMF hingga Bloomberg

Aditya Pratama ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 12:48 WIB
Ini Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terbaru dari IMF hingga Bloomberg

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan proyeksi terbaru pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 per bulan Juni. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan proyeksi terbaru pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 per bulan Juni. Proyeksi ini disampaikan beberapa lembaga selain Kemenkeu, seperti IMF, World Bank, OECD, ADB, dan Bloomberg.

Kepala Pusat Kebijakan APBN BKF Kemenkeu Ubaidi S Hamidi mengatakan, IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 berada di minus 0,3 persen. Sementara itu, World Bank di 0 persen, OECD minus 3,9 persen sampai minus 2, persen

"Kemenkeu memproyeksikan di angka minus 0,4 sampai 1 persen, ADB minus 1 persen dan Bloomberg memproyeksikan di angka 0,5 persen," ujar Ubai dalam video conference 'Tanya BKF', Jumat (3/7/2020).

Ubai menambahkan, dampak perekonomian ini ke depannya akan memengaruhi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Hal ini otomatis membuat APBN mengalami penyesuaian dari segi pendapatan dan belanja.

"Pertama, dampak terhadap tekanan di sisi tanggungan negara, kemudian yang kedua adalah adanya tambahan beberapa belanja negara yang ekonomi itu tetap dalam koridor," kata dia.

Editor : Ranto Rajagukguk