Jadi Tuan Rumah KTT G20, Pariwisata Arab Saudi Bakal Pulih dari Krisis Covid-19

Djairan · Kamis, 19 November 2020 - 12:42:00 WIB
Jadi Tuan Rumah KTT G20, Pariwisata Arab Saudi Bakal Pulih dari Krisis Covid-19
Lokasi KTT G20 di Arab Saudi. (Foto: Ist)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi tengah bersiap menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara kelompok 20 ekonomi utama (G20) secara virtual pada 21-22 November 2020. Pihak kerajaan meyakini KTT tersebut dapat menjembatani pemulihan sektor pariwisata Saudi yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kita bisa kembali ke level seperti tahun lalu dalam menyambut orang-orang dari seluruh dunia. Sekarang WTTC dan UNWTO telah mengatakan Arab Saudi sebagai salah satu negara pariwisata dengan pertumbuhan tercepat di dunia,” ujar CEO Otoritas Pengembangan Gerbang Diriyah (DGDA), Jerry Inzerillo dikutip dari Arab News, Kamis (19/11/2020).

Sebelum Covid-19 mewabah, Saudi menerima setidaknya 55.000 pengajuan visa per minggu. Inzerillo mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 minat pelancong untuk berkunjung sangat besar meskipun skema visa pariwisata Arab Saudi hanya terbuka untuk 55 negara, termasuk di dalamnya Hong Kong dan Makau.

Saudi akan memiliki lebih banyak situs yang akan bergabung dengan UNESCO. Pemulihan sektor pariwisata juga akan dipercepat seiring keberhasilan uji coba fase ketiga vaksin Covid-19, di mana Pfizer bersama mitranya BioNTech mengumumkan hasil yang menunjukkan kemanjuran dengan 90 persen vaksin efektif melawan virus corona. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2