Jokowi Instruksikan Belanja Kementerian Prioritaskan Produk Dalam Negeri

Antara ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 00:18 WIB
Jokowi Instruksikan Belanja Kementerian Prioritaskan Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi menginstruksikan kementerian belanja pemerintah memprioritaskan produk-produk dalam negeri. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan belanja pemerintah memprioritas produk-produk dalam negeri. Langkah ini untuk membantu pertumbuhan ekonomi.

"Misalnya Kementerian Pertahanan, bisa saja di PT DI (Dirgantara Indonesia), beli di PT Pindad, beli di PT PAL. Yang bayar di sini ya yang cash, cash, cash. APBN beli produk dalam negeri. Saya kira Menhan (Prabowo Subianto) juga lebih tahu mengenai ini," ujar Presiden dalan keterangan tertulisnya dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

"Saya kira belanja-belanja yang dulu belanja ke luar, direm dulu. Beli, belanja, yang produk-produk kita. Agar apa? Ekonomi terpacu, bisa memacu pertumbuhan kita, pertumbuhan (ekonomi) kita," kata Presiden.

Terkait dengan kebutuhan medis, Presiden Joko Widodo mengungkap saat ini sejumlah kebutuhan medis untuk penanganan pandemi Covid-19 telah mampu diproduksi di dalam negeri. Alat medis itu seperti alat uji Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction, alat uji cepat dan juga beberapa obat.

"Jangan ada lagi beli yang dari luar apalagi hanya masker, banyak kita produksinya. APD (alat pelindung diri) 17 juta produksi kita per bulan. Padahal kita pakainya kurang lebih 4 sampai 5 juta. Hal-hal seperti ini saya mohon Bapak/Ibu Menteri, Pak Sekjen, Pak Dirjen, tahu semuanya masalah dan problem yang kita hadapi," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani