KA Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Beroperasi sebelum Tahun Baru 2020

Antara ยท Minggu, 03 November 2019 - 21:26 WIB
KA Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Beroperasi sebelum Tahun Baru 2020

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Humas Kemenhub)

SOLO, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pembangunan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo bisa rampung 20 Desember 2019. Dengan begitu, moda transportasi massal ini bisa beroperasi pada 28 Desember 2019.

"Pertengahan Desember sudah selesai konstruksi dan harapannya 28 Desember beroperasi dan bisa dioperasikan sebelum Tahun Baru," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/11/2019).

Menhub mengatakan, progres konstruksi KA Bandara Adi Soemarmo Solo saat ini sudah mencapai 94 persen. Dengan demikian, pembangunan tinggal menyisakan hal-hal yang kecil saja.

"Sekarang sudah 94 persen, tinggal sedikit saja bagian-bagian yang belum terkoneksi, ada urusannya dengan perlintasan jalan tol dan ada jalan tambahan untuk warga," tutur Menhub.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menambahkan, pengaturan di Stasiun Kadipiro sebagai titik lintasan dari Stasiun Solo Balapan dan lanjutan ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo sudah selsai. Saat ini, masih dilakukan pembangunan persilangan di lintasan jalan tol, baik layang (flyover) dan bawah rel (underpass).

Menhub juga memastikan proses pembebasan lahan sudah tuntas meski telat. "Masalah dengan warga kemarin itu Pilpres, jadi kita enggak bisa melakukan percepatan pembebasan tanah," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah