Kurangi Impor Alkes, Menristek Dorong Peneliti Ciptakan Inovasi Baru 

Taufik Fajar · Rabu, 17 Februari 2021 - 17:47:00 WIB
Kurangi Impor Alkes, Menristek Dorong Peneliti Ciptakan Inovasi Baru 
Menristek Bambang Brodjonegoro mendorong peneliti melahirkan inovasi baru sehingga mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor alkes.  (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 hampir satu tahun melanda dunia termasuk Indonesia. Ini membuat perubahan besar, salah satunya semakin banyak riset dan inovasi 

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, sebagian besar alat kesehatan (Alkes) adalah impor. Dari alat canggih hingga sederhana, semua impor. 

Bambang menyebutkan, banyak ventilator yang didatangkan langsung secara impor. Harga ventilator sangat mahal, maka dengan adanya inovasi di dalam negeri, beberapa pihak membuat ventilator yang harganya lebih terjangkau. 

"Kita ketahui beberapa alat untuk swab tes dari luar negeri itu yang berbentuk sederhana bisa dibuat di dalam negeri. Dengan pandemi ini, semua bisa dibuat di Indonesia," ujarnya, dalam acara IDX Channel, Kamis (17/2/2021). 

Dia mengatakan, pihaknya mendorong para peneliti dan akademisi di Tanah Air untuk melahirkan inovasi baru untuk substitusi impor sehingga mengurangi ketergantungan bangsa Indonesia terhadap impor. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda