Luhut Minta Warga Aktif Kembangkan Potensi Wisata Danau Toba

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Minggu, 04 Februari 2018 - 14:04:00 WIB
Luhut Minta Warga Aktif Kembangkan Potensi Wisata Danau Toba
Menteri Koordinator bidang Kemartiman Luhut Binsar Pandjaitn (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Seiring berjalannya program kerja sama Western Indonesia Economic and Business Hub for Asean  di Sumatera Utara, pemerintah meminta masyarakat sekitar Danau Toba ikut terlibat secara aktif dalam pengembangan potensi wisata serta pertanian di kawasan tersebut.

Program ini merupakan kebijakan yang mengedepankan pendekatan pembangunan daerah yang terintegrasi difokuskan pada pembangunan di luar Pulau Jawa.

“Implementasi bapak dan ibu sekalian itu yang dibutuhkan, jadi nanti menurut saya saat berkhotbah di Gereja, ini pesan dari pusat, harus ada khotbah mengenai kebersihan, ketauladanan, teamwork, kebersamaan, keramahtamahan yang dikaitkan dengan ayat-ayat Alkitab yang sangat banyak sekali di sana,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan dalam keterangan resminya, Minggu (4/2/2018).

Ia melanjutkan, gereja dapat memainkan peran lebih penting untuk membawa spirit kebersamaan, memberikan ketauladanan serta mendidik masyarakat Batak agar tidak tersingkir di tengah pengembangan Danau Toba. Terutama ketika pengembangan wilayah terpadu dan pembangunan infrastruktur di Sumatera dapat membuka peluang investasi yang makin meluas.

"Kita tidak hanya bicara Toba saja, ini menyangkut semua sampai nanti ke Dumai, Kuala Tanjung, kuala Kualanamu dan segala macam," ucapnya.

Untuk itu ia meminta Bupati Tapanuli Utara agar menata Bandara Silangit karena kawasan itu akan menjadi hub (pusat) wisata dari Asia Selatan ke Asia Tenggara. “Saya sudah bilang ke Pak Bupati Tatalah itu Silangit dengan bagus. Jangan pula sembarangan tatanya, tatalah dengan arsitektur  Toba, arsitektur Batak yang modern, itu pesan dari Pak Presiden,” ujarnya.

Untuk mendukung hal itu, di sela-sela event World Economic Forum di Davos, Swiss, ia sempat bertemu dengan CEO Air Asia, Tony Fernandes dengan didampingi oleh Deputi Bidang Kedaulatan Maritim Arif Havas Oegroseno. “Sudah ketemu Tony Fernandes, dia janji akan bawa turis dari India, Tiongkok, dan Filipina,” kata dia.

Editor : Ranto Rajagukguk