Masjid Istiqlal Akan Direnovasi dengan Biaya Rp465 Miliar

Antara ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 11:08 WIB
Masjid Istiqlal Akan Direnovasi dengan Biaya Rp465 Miliar

Masjid Istiqlal. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merenovasi Masjid Istiqlal. Biaya perbaikan itu diperkirakan menghabiskan dana Rp465 miliar.

Dana renovasi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara itu akan menggunakan pagu anggaran Kementerian PUPR 2019-2020. PT Waskita Karya (Persero) ditunjuk menjadi pelaksana proyek.

"Pengerjaannya memakan waktu 10 bulan sejak saat ini dan mudah-mudahan dapat selesai pada Maret 2020," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, renovasi Masjid Istiqlal dipastikan tidak akan mengganggu fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah. Meskipun, kata dia, ada beberapa bagian masjid yang tidak dapat digunakan selama renovasi.

"Prinsipnya, fungsi masjid sebagai tempat salat itu tetap terjaga dengan baik," ujar Lukman.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga mengatakan, proses perbaikan Masjid Istiqlal akan dipimpin oleh ketua tim arsitek Muniji. Renovasi dilakukan di beberapa bagian di antaranya renovasi interior masjid dan penambahan kapasitas gedung parkir dari 800 menjadi 2.000 kendaraan.

"Kami akan buat basement dua lantai ke bawah untuk menambah kapasitasp parkir kendaraan. Ada juga pergantian lampu, tata cahaya, karpet, pihak konstruksi akan bekerja sama dengan pengelola masjid," kata Danis.


Editor : Rahmat Fiansyah