Menhub Minta Jasa Marga Perbanyak Rambu dan Patroli di Tol Cipularang

Rully Ramli ยท Selasa, 03 September 2019 - 16:12 WIB
Menhub Minta Jasa Marga Perbanyak Rambu dan Patroli di Tol Cipularang

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Jasa Marga (Persero) Tbk meningkatkan pengawasan di Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Kecelakaan sudah sering terjadi di ruas tol tersebut.

Menhub menilai Jasa Marga selaku pengelola tol seharusnya lebih banyak memasang rambu peringatan, termasuk patroli petugas untuk memastikan pengguna jalan tol bisa berkendara sesuai aturan.

"Saya minta pengelola jalan tol ini untuk memberikan suatu syarat-syarat, rambu-rambu, dan peringatan lebih tegas dan jelas sehingga kita mau ambil tindakan itu bagus dan laik," ujar dia di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Mantan direktur utama Angkasa Pura II itu meminta Jasa Marga untuk memperkuat langkah-langkah yang bersifat antisipatif untuk mencegah kecelakaan.

"Mungkin pakai lampu, ada suara, atau ada yang berjaga. Kalau satu tempat sudah berulang (kecelakaannya) pasti something wrong (ada yang salah). Butuh effort tertentu terkait pengawasan dan peringatan di situ," ucapnya.

Dia mengaku telah memperolah laporan dari Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) bahwa kecelakaan beruntun yang terjadi di Tol Cipularang akibat pelanggaran berat muatan truk dan kecepatan maksimal berkendaraan.

"Yang sudah kasat mata adalah melanggar kecepatan dan muatan," ujarnya.


Editor : Rahmat Fiansyah