Menko Airlangga: Daya Beli dan Investasi Jadi Penggerak Perekonomian Tahun Depan

Rina Anggraeni ยท Kamis, 24 Desember 2020 - 22:30:00 WIB
Menko Airlangga: Daya Beli dan Investasi Jadi Penggerak Perekonomian Tahun Depan
Pemerintah mendorong driver perekonomian bukan hanya spending pemerintah, tetapi daya beli masyarakat, dan investasi. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah bakal mengubah penggerak perekonomian tidak hanya berasal dari belanja pemerintah. Daya beli dan investasi juga bisa membaik, sehingga dapat menjadi kemudi perekonomian di 2021.

"Pemerintah mendorong driver dari perekonomian bukan hanya spending pemerintah, tetapi kembali daya beli masyarakat, kemudian investasi," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan dalam video virtual, Kamis (24/12/2020).

Dia menyebutkan, anggaran Pemulihan Ekonomi nasional (PEN) 2021 masih terdiri atas enam klaster sama, seperti yang ada pada tahun ini. Rinciannya, anggaran PEN dan penanganan Covid-19 digunakan untuk anggaran kesehatan sebesar Rp25,4 triliun, dan perlindungan sosial Rp110,2 triliun.

Selain itu, pemerintah mengalokasikan sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sekitar Rp136,7 triliun, dukungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rp48,8 triliun, pembiayaan korporasi Rp14,9 triliun, serta insentif usaha Rp20,4 triliun.

"Ke depan tentu ada yang harus kita lakukan, yaitu restrukturisasi perekonomian, reformasi birokrasi, yang ini sudah akan berbasis pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sehingga seluruh reform ini akan mendorong pemulihan perekonomian," ujar Airlangga.

Editor : Dani M Dahwilani