Menko Airlangga: Indonesia Ingin Gantikan China Jadi Hub Investasi

Rina Anggraeni ยท Rabu, 16 September 2020 - 11:30 WIB
Menko Airlangga: Indonesia Ingin Gantikan China Jadi Hub Investasi

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dinilai masih menjadi tujuan utama untuk berinvestasi. Saat ini, sebanyak 143 perusahaan asing siap merelokasi pabrik ke Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, komitmen investor asing akan terus dikawal hingga terealisasi

"Kita ingin menggantikan posisi China sebagai tujuan investasi dari hub rantai pasok global baru. Data dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), terdapat 143 perushaaan yang memiliki rencana relokasi investasi ke Indonesia," ujar Airlangga dalam diskusi virtual, Rabu (16/9/2020).

Dia menyebut, perusahaan-perusahaan yang berkomitmen merelokasi pabriknya ke Tanah Air di antaranya Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan dan Amerika Serikat. Dia optimistis jumlahnya akan bertambah seiring kemudahan perizinan investasi.

"Potensi penyerapan tenaga kerja lebih dari 300.000 lebih tenaga kerja yang terserap," ucapnya.

Mantan menteri perindustrian itu menilai pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga bagi semua investor agar tak memusatkan rantai pasok barang pada satu negara. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menyebar pabriknya ke berbagai negara.

Editor : Rahmat Fiansyah