Menko Airlangga: Pemerintah akan Subsidi Minyak Goreng Rp14.000 per Liter

Advenia Elisabeth · Selasa, 15 Maret 2022 - 19:36:00 WIB
Menko Airlangga: Pemerintah akan Subsidi Minyak Goreng Rp14.000 per Liter
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, menyatakan pemerintah akan memberikan subsidi atas harga minyak goreng. 

Menurut dia, pemerintah bakal mensubsidi minyak kelapa sawit curah sebesar Rp14.000 per liter, dengan berbasiskan dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Pemerintah memutuskan bahwa pemerintah akan mensubsidi harga minyak kelapa sawit curah sebesar Rp14.000 per liter. Subsidi akan berbasiskan pada dana BPDPKS," kata Menko Airlangga, seusai rapat terbatas di Istana Presiden, Selasa (15/3/2022) 

Ia menjelaskan bahwa langkah ini diambil pemerintah karena melihat kondisi distribusi minyak goreng di Tanah Air. Selain itu, meningkatnya harga komoditas di dunia termasuk minyak nabati. 

"Dalam rapat internal terbatas diputuskan bahwa pemerintah memperhatikan situasi penyaluran dan juga keadaan distribusi minyak goreng dan juga memperhatikan situasi global dimana terjadi kenaikan harga komoditas yang didalam ada minyak nabati," ujar Menko Airlangga. 

Terkait harga minyak goreng kemasan, lanjutnya, akan dilakukan penyesuain sesuai dengan nilai keekonomiannya. 

"terkait dengan harga kemasan lain in akan menyesuaikan terhadap nilai keekonomian sehingga dengan nilai keekonomian tersebut minyak sawit akan tersedia di pasar modern atau tradisional," tutur Menko Airlangga.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda