Menko Airlangga Sebut Harga Beras hingga Daging Ayam Sudah Stabil

Michelle Natalia ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 12:54:00 WIB
Menko Airlangga Sebut Harga Beras hingga Daging Ayam Sudah Stabil
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2022). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, harga pangan per hari ini, Kamis (18/8/2022) relatif sudah stabil. Adapun harga beras rata-rata masih sekitar Rp10.000 per kilogram (kg) dan harga daging sapi dan ayam mengalami penurunan.

"Demikian juga terkait harga gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai merah. Itu seluruhnya sudah turun, dan bahkan harga daging ayam sudah di bawah Rp20.000, malah terlalu rendah pak Presiden," ujar Airlangga, dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, di Jakarta, Kamis (18/8/2022). 

Menko Airlangga menambahkan, dari segi volatile food, pangan sudah relatif terkendali dibandingkan masa Lebaran kemarin karena ada kenaikan demand di momen tersebut.

"Secara spasial, 30 provinsi realisasinya di atas nasional. Oleh karena itu jadi perhatian para gubernur untuk menjaga, dan melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) agar melakukan extra effort agar stabilisasi harga dapat dijaga," kata dia.

Dari segi partisipasi, lanjut Airlangga, dibandingkan tahun 2021 lebih baik karena hampir seluruh kabupaten/kota sudah memperkuat TPID hingga 78 persen daripada sebelumnya 71 persen. Ada beberapa daerah yang berprestasi dan diharapkan dapat diberikan fasilitas serta tambahan insentif dari Menteri Keuangan.

"Sinergi dari Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) terus diupayakan dalam berbagai langkah antara lain 4K, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif, terutama untuk menjaga stabilitas dan daya beli," ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda