Menteri KKP Tak Ingin Ada Lagi Produk Perikanan Indonesia Ditolak Negara Lain

Taufik Fajar ยท Senin, 01 Maret 2021 - 14:30:00 WIB
Menteri KKP Tak Ingin Ada Lagi Produk Perikanan Indonesia Ditolak Negara Lain
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: Setkab)

BOGOR, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong ekspor produk perikanan tetap meningkat di tengah pandemi Covid-19. Pembinaan terhadap pelaku usaha sektor perikanan menjadi kuncinya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya terutama di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Kemanana Hasil Perikanan (BKIPM) dan Penguatan Daya Saing Produk Keluatan dan Perikanan (PDS) untuk memberikan pembinaan yang optimal kepada pelaku usaha.

"Jajaran BKIPM bersama PDS tentunya, saya minta untuk memastikan dan menjamin tidak ada lagi kasus penolakan produk perikanan Indonesia di negara tujuan," ujar Trenggono saat membuka Rapat Koordinasi Nasional BKIPM di Bogor, Jawa Barat, Senin (1/3/2021).

Selain menjamin kualitas dan mutu, kata dia, industri perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan pengolahan hasil perikanan harus didorong untuk menghasilkan produk yang digemari konsumen serta berdaya saing secara ekonomis, khususnya di masa pandemi ini. 

Selain itu, Trenggono juga meminta semua stakeholder untuk bersama-sama menjaga keberlanjutan ekosistem perikanan. Keberlanjutan ini manfaatnya tidak hanya untuk menjaga kelestarian alam, tapi juga kesinambungan usaha perikanan itu sendiri.

"Langkah-langkah ini akan mengokohkan struktur usaha perikanan nasional dengan multiplier effects, menggerakkan perekonomian nasional, terutama dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah