Nielsen: Jumlah Penonton TV dan Media Lain Meningkat Selama Ramadan
JAKARTA, iNews.id - Pola konsumsi konsumen terhadap media berubah selama bulan Ramadan. Perubahan tersebut ditandai dengan peningkatan pada jumlah penonton televisi dan media lainnya, seperti radio, internet, dan bioskop.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, jumlah penonton TV di 11 kota besar meningkat dari rata-rata 5,9 juta per hari menjadi 7 juta per hari dengan dominasi peningkatan terjadi pada jumlah penonton di waktu sahur.
“Konsumsi media TV meningkat seiring dengan meningkatnya durasi menonton, yang biasanya rata-rata menonton TV hanya 4 jam 53 menit, di bulan Ramadhan meningkat menjadi 5 jam 19 menit,” kata Executive Director Media Business Nielsen Indonesia, Hellen Katherina melalui keterangan tertulis, Kamis (7/6/2018).
Dia menambahkan, selama Ramadan juga terdapat kecenderungan menonton TV bersama keluarga (co-viewing) yang ditandai dengan peningkatan co-viewing untuk anak usia 5-15 tahun yang ditemani penonton usia 20 tahun ke atas sebesar 31 persen. Nielsen mencatat, jumlah jam tayang tipe program keagamaan atau religi meningkat, namun tipe program series masih menjadi program yang paling banyak ditonton selama Ramadan.
Selain televisi, Hellen mengatakan, konsumsi terhadap media lainnya juga meningkat seperti radio naik 13 persen, internet naik 9 persen, dan bioskop naik 17 persen.