Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Survei BI Maret 2025: Indeks Keyakinan Konsumen Turun
Advertisement . Scroll to see content

Nielsen: Konsumen Indonesia Paling Optimistis ke-4 di Dunia

Selasa, 04 Juni 2019 - 17:50:00 WIB
Nielsen: Konsumen Indonesia Paling Optimistis ke-4 di Dunia
Belanja online. (Foto: Okezone)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Nielsen kembali merilis hasil studi soal optimisme konsumen global. Pada kuartal I-2019, indeks keyakinan konsumen (IKK) stabil di angka 125.

"Angka ini menempatkan Indonesia di urutan keempat negara teroptimistis di dunia," kata Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin dikutip Selasa (4/6/2019).

Dalam mengukur IKK, Nielsen menggunakan tiga indikator optimisme dalam dua belas ke depan yaitu prospek lapangan kerja lokal, keadaan keuangan pribadi, dan keinginan untuk berbelanja.

Untuk optimisme terhadap prospek pekerjaan lokal, angnya meningkat dari 68 persen pada kuartal IV-2018 menjadi 72 persen pada kuartal I-2019. Sementara 83 persen konsumen memiliki persepsi positif mengenai kondisi keuangan pribadi, meningkat dari 79 persen pada kuartal sebelumnya.

"Sementara itu, di kuartal pertama 2019 ini hanya lebih dari setengah (56 persen) knsumen yang menyatakan bahwa waktu 12 bulan ke depan adalah waktu yang baik untuk berbelanja barang-barang yang mereka inginkan dan butuhkan. Indikator ini menurun dari 63 persen di kuartal IV-2018," tutur Agus.

Selain itu, konsumen Indonesia juga optimistis stabilitas ekonomi akan membaik secara signifikan. Pada kuartal I-2019, hanya 51 persen konsumen yang berpendapat bahwa negara sedang berada dalam kondisi resesi ekonomi.

Angka ini turun dibandingkan kuartal IV-2018 yang mencapai 57 persen. Sementara pada kuartal III-2018, angkanya menembus 61 persen.

Secara umum, kata Agus, IKK pada kuartal I-2019 turun 1 poin dibandingkan kuartal IV-2018. Meski demikian, Indonesia masih masuk dalam daftar 10 negara teroptimistis di dunia di bawah Filipina, India, dan Vietnam.

Survei Keyakinan Konsumen Global dilakukan Nielsen besama Conference Board. Survei digelar pada 19 Januari 2019 dan mensurvei lebih dari 32.000 konsumen online di 64 negara di seluruh dunia.

Berikut 10 negara paling teroptimistis di dunia:

1. Filipina (133)
2. India (132)
3. Vietnam (129)
4. Indonesia (125)
5. Denmark (119)
6. Malaysia (115)
7. China (115)
8. Uni Emirat Arab (113)
9. Arab Saudi (112)
10. Thailand (11)

Editor: Rahmat Fiansyah

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut