Orang Sakit Bisa Dibantu Cairkan BLT, Ini Syaratnya 

Rina Anggraeni · Rabu, 13 Januari 2021 - 18:53:00 WIB
Orang Sakit Bisa Dibantu Cairkan BLT, Ini Syaratnya 
Kemensos terus memperbarui data penerima bantuan sosial (Bansos) yang merupakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Sosial (Kemensos) terus memperbarui data penerima bantuan sosial (Bansos) yang merupakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Bagaimana untuk orang sakit yang tidak bisa mencairkan BLT sendiri? 

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) mengatakan dalam pembaruan ini bakal lebih ketat dalam menerima bantuan sosial (bansos) yang berupa uang tunai atau bantuan langsung tunai (BLT), seperti orang sakit yang masuk data penerimaan BLT masih bisa dicairkan. Asalkan ada ahli waris atau keluarga yang ditunjuk. 

"Kita akan lebih ketat dalam penerimaan BLT yang diberikan seperti jika orang itu sakit dan mau mengambil bansos bisa diwakilkan ahli waris," ujar Risma, dalam rapat virtual dengan DPR, Rabu (13/1/2021) 

Namun, kata dia, untuk ahli waris yang ditunjuk harus menyertakan dokumen yang lengkap. Melampirkan foto asli dengan wajah penerima yang mirip. Saat didata bank tidak ditahan. 

"Bank bakal mewajibkan penerima atau ahli waris yang ditunjuk mengirmkan data dan menyertakan foto. Fotonya harus mirip saat diambil oleh ahli waris kalau berbeda itu tidak bisa cair," katanya. 

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2