Panggil Bos PLN, Menko Luhut Ingin Tahu Penyebab Listrik Padam di Separuh Jawa

Rully Ramli ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 19:27 WIB
Panggil Bos PLN, Menko Luhut Ingin Tahu Penyebab Listrik Padam di Separuh Jawa

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan memanggil Plt Direktur Utama PT PLN (Persero), Sripeni Inten Cahyani. Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut mengaku ingin tahu penyebab listrik padam (blackout) di separuh Pulau Jawa beberapa waktu lalu.

"Tadi saya dengan Bu Inten bicara tentang blackout yang kemarin saja, di mana perkembangannya sudah bagus," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Menko Luhut mengatakan, PLN saat ini tengah melakukan audit terhadap penyebab putusnya sirkuit Pemalang-Ungaran yang diduga sebagai biang keladi listrik padam. Berbagai dugaan muncul, salah satunya keberadaan pohon sengon dekat Saluran Utama Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

"Sekarang kan sedang diaudit semua. Dilihat apa salahnya. Apakah ada kesalahan teknis, apakah hanya kesalahan pohon sengon itu, atau yang lainnya," tutur dia.

Pensiunan jenderal TNI ini juga meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ikut menginvestigasi penyebab listrik padam.

"BPPT kan juga badan, lembaga negara, dan supaya profesor-profesor pintar itu ikut melihat sendiri," ucap dia.


Editor : Rahmat Fiansyah