Pemerintah Dorong Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional

Ferdi Rantung · Sabtu, 06 Februari 2021 - 14:14:00 WIB
Pemerintah Dorong Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah akan mengembangkan Maluku sebagai Lumbung ikan Nasional (LIN). Ini dilakukan untuk mendorong perekonomian masyarakat wilayah Timur Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan, tujuan kedatangannya ke Maluku adalah untuk memastikan sinkronisasi persiapan infrastruktur, baik dari pelabuhan perikanan maupun kawasan perindustriannya. Dia menjelaskan pola kerja sama pembangunan pelabuhan baru ini akan melibatkan investasi yang dikelola oleh swasta, dengan kehadiran pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur dasar. 

“Sesuai arahan Presiden Jokowi, tidak boleh lama-lama, harus action cepat. Ditargetkan pada tahun 2023, pelabuhan dan infrastruktur lainnya, bahkan tenant-tenant untuk industrinya sudah bisa berjalan. Untuk perizinan terkait dengan urusan ini, terutama perizinan pusat, kami dari BKPM akan membantu penuh, sehingga percepatan dapat dilakukan,” kata Bahlil dalam keterangannya resminya, Sabtu (6/2/2021)

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, telah melakukan studi secara mendalam yang juga didukung oleh studi Bank Dunia. Di Maluku sudah dipetakan untuk dapat dibangun pelabuhan baru dan harus dikolaborasikan dengan lumbung ikan yang sudah dicanangkan sejak jaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2