Penataan Kawasan Danau Toba Tahap Awal Ditargetkan Selesai Juni 2020

Aditya Pratama ยท Kamis, 05 Maret 2020 - 09:10 WIB
Penataan Kawasan Danau Toba Tahap Awal Ditargetkan Selesai Juni 2020

Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan (tengah) saat memimpin rapat bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama (kiri) dan Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah (kanan) di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara, Rabu (

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah tengah menata kawasan wisata Danau Toba. Penataan destinasi yang masuk dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) ditargetkan selesai Juni 2020 untuk tahap awal.

Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan, pemerintah fokus menata 8-10 spot wisata agar cepat selesai.

"Kami hitung berapa yang bisa kita langsung danai sehingga bisa selesai Juni. Kami kerjakan semuanya mulai dari rumah, homestay, jalan, kebersihannya, budaya, pertanian, hingga manusianya, kami kerjakan semua," ujar Luhut melalui keterangan tertulis, Kamis (5/3/2020).

Pemerintah, menurut Luhut, berupaya semaksimal mungkin membuka akses transportasi dan infrastruktur agar secepat mungkin sudah tersedia di kawasan Danau Toba.

"Di otorita Sibisa sudah beberapa investor yang mau masuk, dengan para investor itu kami akan menyelesaikan tiga ruas jalan, listrik, dan IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah). Ini sudah ditenderkan dan akan dikerjakan bulan April, dengan begitu sekitar Mei atau Juni konstruksinya sudah bisa dimulai. Proyek ini sempat tertunda sekitar 8 bulan karena alasan sengketa tanah, tetapi sekarang sudah selesai, agar (kawasan wisata ini) dapat segera kita 'jual'," tuturnya.

Danau Toba di Sumatra Utara merupakan satu dari lima KSPN yang difokuskan pemerintah. Empat lainnya yaitu Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di NTB; Bunaken di Sulawesi Utara, dan Bangka Belitung.

Editor : Rahmat Fiansyah