Pertumbuhan Ekonomi 2021 Diprediksi 4,5-5,5 Persen

Rina Anggraeni ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 15:02 WIB
Pertumbuhan Ekonomi 2021 Diprediksi 4,5-5,5 Persen

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mematok target pertumbuhan ekonomi pada 2021 sebesar 4,5-5,5 persen. Target tersebut seiring upaya pemerintah memaksimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam memulihkan ekonomi akibat Covid-19.

“Asumsi indikator ekonomi makro yang kami pergunakan adalah sebagai berikut. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai 4,5-5,5 persen,” tutur Jokowi dalam pidato Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). 

Jokowi menuturkan, pada 2021 ketidakpastian masih cukup tinggi. Karena itu rancangan APBN 2020 harus mengantisipasi ketidakpastian pemulihan ekonomi dunia, volatilitas harga komoditas sertaperkembangan tatanan sosial ekonomi dan geopolitik. Hal ini juga terkait efektivitas pemulihan ekonomi nasional serta kondisi dan stabilitas sektor keuangan.

Dia menyebut, pelaksanaan reformasi fundamental juga harus dilakukan, seperti reformasi pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, dan sistem penganggaran dan perpajakan. Dengan berpijak pada strategi tersebut, pemerintah mengusung tema kebijakan fiskal tahun 2021, yaitu "Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi".

“Tingkat pertumbuhan ekonomi ini diharapkan didukung oleh peningkatan konsumsi domestik dan investasi sebagai motor penggerak utama," kata dia.

Editor : Ranto Rajagukguk