Resmikan Indonesia Battery Holding, Erick Thohir Tak Mau Kalah dengan Negara Besar

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 26 Maret 2021 - 16:48:00 WIB
Resmikan Indonesia Battery Holding, Erick Thohir Tak Mau Kalah dengan Negara Besar
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi menyampaikan pendirian Indonesia Battery Holding (IBH) atau Indonesia Battery Corporation (IBC). Peresmian IBH dilakukan secara virtual per Jumat 26 Maret 2021. 

Kementerian BUMN mencatat, pendirian holding untuk ekosistem industri baterai kendaraan listrik di Indonesia ini adalah langkah yang cukup berani. Sebab, industri dalam negeri dirancang pemerintah untuk bisa bersaing dengan negara-negara maju di dunia, seperti China, Amerika Serikat (AS), dan Korea. 

"EV Baterai ini yang merupakan berbasis nikel, kita justru mengambil langkah yang cukup berani, kita tidak mau kalah dengan negara-negara besar lain seperti RRT dan AS dan korea, kita menjadi pemain global," ujar Erick dalam peresmian pendirian IBH. 

Dalam kesempatan itu, Mantan Bos Inter Milan itu menjelaskan, pendirian IBH sendiri cukup memakan waktu. Sebab, dalam rancangan awal Kementerian BUMN tidak mempertimbangkan akan terjadinya pandemi Covid-19.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2