Sandiaga Uno Canangkan 2021 sebagai Kebangkitan Sektor Pariwisata

Aditya Pratama · Minggu, 03 Januari 2021 - 16:05:00 WIB
Sandiaga Uno Canangkan 2021 sebagai Kebangkitan Sektor Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berfokus untuk menjadikan tahun 2021 sebagai awal kebangkitan sektor pariwisata nasional. Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, wisatawan nusantara dan lapangan kerja sektor parekraf akan menjadi fokus utama pada tahapan membangkitkan sektor pariwisata.

"Wisatawan nusantara haruslah menjadi andalan kita, karena selama ini wisatawan domestik kalau kita lihat turunnya sekitar 29,7 persen, berarti 1,42 juta lapangan kerja pariwisata dan ekonomi kreatif sudah terdampak pandemi, tiba-tiba mereka tidak mendapatkan mata pencaharian dan banyak dari mereka yang ada di provinsi Bali," ujar Sandi dalam diskusi virtual “Vaksin & Kebangkitan Pariwisata Indonesia”, Minggu (3/1/2021).

Sandi memprediksi memprediksi sekitar 4 hingga 7 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia pada 2021. "Saya harus memberi garis bawah bahwa ini masih prediksi. Karena per hari ini saja wisman tidak boleh masuk sama sekali ke Indonesia sampai 14 Januari, target 4 sampai 7 juta wisman kemungkinan akan sangat bergantung atau pasti akan sangat bergantung dengan keadaan sisi kesehatan," kata dia.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2