Sandiaga Uno Sebut Butuh Dana APBN Rp200 Triliun untuk Atasi Covid-19

Djairan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 18:11 WIB
Sandiaga Uno Sebut Butuh Dana APBN Rp200 Triliun untuk Atasi Covid-19

Sandiaga Uno. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pengusaha nasional, Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah perlu mengeluarkan APBN Rp200 triliun untuk mengatasi dampak wabah Covid-19 terhadap ekonomi. Stimulus fiskal itu bisa diperoleh dari refocusing anggaran pada pos belanja yang tak prioritas.

Sandiaga mengatakan, dana tersebut khusus untuk sektor ekonomi saja di luar sektor kesehatan. Paket ekonomi itu bisa disalurkan untuk empat sektor masing-masing Rp50 triliun. Pertama untuk kelompok 40 persen masyarakat dengan tingkat ekonomi terbawah.

"Bagian pertama ini penting, harus disalurkan sebelum dilakukan lockdown parsial, kalau bisa minggu depan masyarakat sudah bisa menerima, ini semacam BLT (bantuan langsung tunai) dulu," kata Sandiaga melalui video conference, Kamis (26/3/2020).

Bagian kedua, kata Sandiaga, ditujukan untuk UMKM dan pekerja informal yang terdampak wabah corona. Sektor ini dinilai riskan karena adanya wabah membuat omzet anjlok cukup signifikan.

Dia melanjutkan, bagian ketiga bisa disalurkan kepada pekerja formal yang terkena PHK akibat corona. Pemerintah dinilainya mempunyai program kartu prakerja yang bisa difungsikan secara optimal.

Terakhir, eks wakil gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, dana bisa disalurkan kepada perbankan dan lembaga keuangan lain yang terkena dampak paling serius. Sektor tersebut dinilai akan kesulitan menghadapi masyarakat yang tidak bisa membayar cicilan serta tagihan listrik dan air.

"Dengan paket ekonomi Rp200 triliun saya yakin bisa, kuncinya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, bahkan dunia usaha tidak hanya masyarakat,” ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah