Soal Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kemenhub Pastikan Bisa Beroperasi Optimal

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 21:01 WIB
 Soal Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kemenhub Pastikan Bisa Beroperasi Optimal

Ilustrasi bandara. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memastikan operasional landas pacu ketiga Bandar Udara Soekarno-Hatta mampu dioperasikan secara optimal. Hal ini untuk mendukung peningkatkan pergerakan pesawat udara di Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti memastikan operasional landas pacu atau Runway 3 dapat dioperasikan sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan penerbangan penerbangan.

"Sejak awal, Runway 3 dibangun dengan konsep dependen runway, dengan memenuhi aspek keselamatan yang diperlukan sesuai dengan ICAO compliances, dengan strategi penanganan sistem lalu lintas udara secara segregated," kata Polana dalam keterangannya, Selasa (31/12/2019).

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan bahwa runway 3 mampu dioperasikan secara optimal untuk mendukung meningkatkan pergerakan pesawat udara di Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Polana menjelaskan, terkait dengan Surat ICAO perihal Permintaan Jaminan Mitigasi, Ditjen Hubud telah menyampaikan surat balasan terkait skema mitigasi pengoperasian runway 3.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana, memerintahkan agar pengelola Bandar Udara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II dan Airnav Indonesia, untuk melakukan peningkatan kompetensi personel terkait dengan perubahan konfigurasi Runway 2 dan Runway 3.

Selanjutnya, Polana instruksikan kepada PT. Angkasa Pura II untuk segera melakukan penyempurnaan marking Stop Bar dari Runway 2 ke Runway 3.

Editor : Ranto Rajagukguk