Sri Mulyani: Libur Panjang saat Pandemi Dorong Kasus Covid-19, Bukan Ekonomi

Rina Anggraeni ยท Selasa, 24 November 2020 - 07:30:00 WIB
Sri Mulyani: Libur Panjang saat Pandemi Dorong Kasus Covid-19, Bukan Ekonomi
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Libur panjang biasanya berdampak positif bagi perekonomian. Namun, libur panjang di tengah pandemi dinilai hanya mendorong kasus Covid-19, bukan ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, indikator ekonomi tak terlihat membaik saat libur panjang. Yang ada malah penambahan kasus. Atas dasar itulah, pengurangan libur akhir tahun tengah dievaluasi.

“Berarti ini harus hati-hati melihatnya, apakah dengan adanya libur panjang, masyarakat melakukan aktivitas, mobilitasnya tinggi namun tidak menimbulkan belanja dan menimbulkan tambahan kasus Covid-19," katanya, Senin (24/11/2020).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menilai, kuartal IV-2020 biasanya ditandai dengan banyak libur panjang. Saat libur panjang Oktober lalu, kata dia, tak ada tanda-tanda peningkatan ekonomi yang signifikan.

Dia menyebut, konsumsi listrik di sektor bisnis dan manufaktur menurun, sehingga produksi turun dan konsumsi tak naik. Secara keseluruhkan, aktivitas ekonomi pada Oktober turun lagi seiring kenaikan kasus Covid-19.

“Ini harus dilihat terus untuk memberikan keseluruhan aspek, seperti membuat policy tidak cuma melihat pada satu sisi, harus melihat semua sisi, aspek kesehatan, ekonomi, kegiatan usaha dan lain,” kata dia.

Editor : Rahmat Fiansyah