Terawan Dicecar DPR soal Serapan Anggaran Kesehatan yang Rendah

Rina Anggraeni ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 14:04:00 WIB
Terawan Dicecar DPR soal Serapan Anggaran Kesehatan yang Rendah
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: SINDO)

JAKARTA, iNews.id - Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mencecar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terkait serapan anggaran kesehatan. Serapan anggaran kesehatan tersebut dinilai masih sangat rendah.

Pimpinan rapat Banggar DPR Said Abdullah mengatakan, serapan anggaran kesehatan yang rendah sangat memengaruhi upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Dengan demikian, pemerintah tidak akan maksimal untuk menurunkan jumlah positif Covid-19.

"Pertama penanganan Covid-19, dan ramainya serapan anggaran yang rendah. Pada saat yang sama muncul dari Komisi IX karena lemahnya koordinasi antara Gugus Tugas dan Kemenkes," kata Said di ruang rapat Banggar DPR, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Anggota Banggar Dolfie Ofp menyebutkan, serapan anggaran kesehatan baru 5 persen atau Rp4 triliun lebih. Padahal, penanganan kesehatan ini sangat penting karena dampak dari pandemi Covid-19 ini menjalar ke berbagai sektor.

"Kita ingin tahu kenapa kasih anggaran Rp87,5 triliun penyerapannya hanya 5 persen atau Rp4 triliun," tuturnya.

Dia meminta Terawan menjelaskan permasalahan yang terjadi di lapangan. "Memang ini ujian betul, di Pasuruan, Jambi, Ciamis ini kan viral di mana-mana," katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk