Tol Layang Jakarta-Cikampek Tuntas Oktober 2019, Bisa Digunakan saat Natal

Masirom ยท Selasa, 10 September 2019 - 14:15 WIB
Tol Layang Jakarta-Cikampek Tuntas Oktober 2019, Bisa Digunakan saat Natal

Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated/Layang) tuntas pada pertengahan Oktober 2019 sehingga bisa digunakan masyarakat saat arus mudik libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated/Layang) tuntas pada pertengahan Oktober 2019. Dengan demikian, tol layang ini bisa dioperasikan mulai Desember 2019 saat libur Natal dan Tahun Baru.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor proyek pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II menyatakan, hingga akhir September ini diperkirakan pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek mencapai 98 persen. 

“Bulan depan sudah bisa dilakukan uji kelayakan jalan. Setelah itu bila ada perbaikan-perbaikan kecil kita lakukan, sehingga saat libur Natal dan Tahun Baru sudah bisa digunakan masyarakat,” ujar Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto di Jakarta, Selasa (10/9/2014).

Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto. (Foto: Masirom/iNews.id)

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek  merupakan ruas jalan tol yang membentang dari Cikunir hingga Karawang Barat, dengan total panjang jalan 36,4 kilometer (Km). Jalan tol ini berfungsi untuk menambah kapasitas Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yang saat ini kerap mengalami kepadatan.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menuturkan, hingga akhir Agustus 2019, progres pekerjaan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek telah mencapai 95,11 persen. Sisa pekerjaan yang kritikal dalam proyek ini, yaitu  relokasi Menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di KM 17 yang harus diselesaikan dalam periode waktu yang sangat ketat.  

Selain itu penyelesaian sisa pekerjaan lain, seperti Erection SIG, pengaspalan, dan expansion joint.


Editor : Ranto Rajagukguk