Wisuda Tanpa Orang Tua, Sri Mulyani: Beruntung Dapat Foto dengan Fuad Hasan

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 21 November 2020 - 22:13 WIB
Wisuda Tanpa Orang Tua, Sri Mulyani: Beruntung Dapat Foto dengan Fuad Hasan

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (kedua dari kanan) saat berfoto dengan Menteri Pendidikan Fuad Hasan (tengah). (Foto: Instagram/@smindrawati)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menuturkan kisahnya saat wisuda sarjana hingga doktor. Orang tuanya tak pernah hadir dalam momen puncak tersebut.

Sri Mulyani mengatakan, saat lulus S1 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada Agustus 1986, orang tuanya tak hadir karena harus menjalani ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. Situasi tersebut diakuinya membuat wisuda menjadi kurang sempurna.

"Meski saya beruntung dapat foto dengan Menteri Pendidikan Fuad Hasan, " tulisnya saat @smindrawati, Sabtu (21/11/2020).

Saat lulus S3 pada 1992, kata Sri Mulyani, momen wisuda di University of Illionis-Urbana Campaign AS juga tak dihadiri orang tua. Kali ini, ketiadaan biaya menjadi alasannya. "Namun alhamdulillah dihadiri suami dan putra kecilku," katanya.

Pengalaman itu dia sampaikan di tengah pandemi Covid-19. Saat ini, banyak wisuda digelar secara virtual sehingga membuatnya terasa kurang sempurna.

"Dalam hidup, sering kita tidak mendapatkan hal yang kita inginkan. Namun kita selalu punya pilihan. Mau larut kecewa dan terus tidak mampu bersyukur, dan terus menjalankan hidup dengan ikhlas dan sabar," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah