Infografis 5 Gol Penting Cristiano Ronaldo

Ramdani Bur ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 14:54:00 WIB
Infografis 5 Gol Penting Cristiano Ronaldo

REGGIO EMILIA, iNews.id - Striker Juventus Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Lebih spesialnya lagi, rekor tersebut diukir saat membawa Si Nyonya Tua juara Piala Super Italia.

Ronaldo menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-0 atas Napoli di final Piala Super Italia yang berlangsung di MAPEI Stadium, Kamis (21/1/2021) dini hari WIB.

Torehan tersebut dibukukan CR7 pada menit ke-64. Sementara satu gol Juventus lainnya dicetak Alavaro Morata di masa injury time.

Tambahan satu gol menggenapi koleksi gol Ronaldo menjadi 760 di level klub dan timnas. Dia resmi melewati rekor yang dimiliki legendaris Ceko, Josef Bican (759).

Namun itu bukan satu-satunya gol penting yang pernah diciptakan Ronaldo sepanjang karier. Setidaknya ada lima gol menentukan sepanjang kariernya sejak 2002 silam.

Berikut ulasan selengkapnya:

1. Manchester United 3-0 Millwall (Final Piala FA 2003-2004)

MU asuhan Sir Alex Ferguson menghadapi Millwall yang saat itu berada berada satu divisi di bawah mereka. Namun The Red Devils kesulitan membongkar pertahanan sang lawan. Tapi Ronaldo berhasil jadi pembeda.

Dia mencetak gol lewat tandukan usai memanfaatkan umpan Gary Neville pada menit ke-43. Torehannya memantik semangat penggawa MU yang setelahnya mencetak dua gol tambahan melalui aksi Ruud van Nistelrooy pada menit ke-65 (penalti) dan 81.

2. Barcelona 1-2 Real Madrid (Pekan ke-35 Liga Spanyol 2011/2012)

Madrid butuh kemenangan di markas Barcelona untuk menjuarai Liga Spanyol 2011/2012. Tim asuhan Jose Mourinho itu unggul lebih dulu lewat torehan Sami Khedira pada menit ke-17.

Namun Barcelona bisa menyamakan kedudukan berkat sumbangan Alexis Sanchez di menit ke-70. Beruntung Los Blancos memiliki Ronaldo yang membuat gol kemenangan usai memperdaya Victor Valdes. Madrid dinobatkan sebagai penguasa Liga Negeri Matador.

3. Real Madrid 3-0 VfL Wolfsburg (Leg kedua Perempat final Liga Champions 2015/2016)

Madrid takluk 0-2 pada leg pertama yang berlangsung di markas Wolfsburg. Untuk itu Los Blancos wajib menang setidaknya 3-0 untuk bisa melaju ke semifinal. Ronaldo keluar sebagai pahlawan.

Kapten Timnas Portugal itu membawa Madrid menang 3-0 usai mencetak hattrick pada menit ke-15, 17 dan 77. Los Blancos lolos ke semifinal dan menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Atletico Madrid di final via adu penalti. Ronaldo yang menjadi algojo penentu.

4. Portugal 2-0 Wales (Semifinal Euro 2016) 

Portugal butuh usaha ekstra untuk melaju ke final. Mereka menghadapi Wales yang saat itu diperkuat Gareth Bale yang sedang on fire. Tapi Ronaldo lagi-lagi bisa jadi pembeda.

Peraih Ballon d'Or lima kali itu memecah kebuntuan lewat tandukannya pada menit ke-50. Tiga menit kemudian Portugal menambah pundi-pundi gol lewat sumbangan Nani. Mereka lolos ke final dan berhasil jadi juara setelah mengalahkan tuan rumah Prancis.

5. Real Madrid 4-1 Juventus (Final Liga Champions 2016/2017)

Madrid jumpa Juventus yang baru kebobolan tiga kali di sepanjang Liga Champions 2016/2017. Namun pertahanan Si Nyonya Tua tak berkutik di hadapan CR7 dan kawan-kawan.

Ronaldo menjadi bintang lewat dua gol yang dicetak pada menit ke-20 dan 64. Madrid menang 4-1 dan CR7 keluar sebagai top skor Liga Champions dengan 12 gol, mengalahkan rivalnya Lionel Messi di posisi kedua.

Editor : Reynaldi Hermawan