Infografis 5 Pemain Sepak Bola Termahal di Indonesia

Rilo Pambudi ยท Sabtu, 20 Agustus 2022 - 13:12:00 WIB
Infografis 5 Pemain Sepak Bola Termahal di Indonesia

Infografis

JAKARTA, iNews.id - Daftar pemain sepak bola Indonesia termahal di musim 2022 menarik diulas. Sebagaimana diketahui, Liga 1 2022/2023 telah bergulir.

Sayangnya, daftar pemain termahal di Liga 1 masih didominasi pemain-pemain asing. Saat ini, posisi pemain termahal di Indonesia dipegang oleh pemain anyar Persija Jakarta, Michael Krmencik. 

Dilansir iNews.id dari laman Transfermarkt, Jumat (19/8/2022), striker asal Republik Ceko tersebut ditaksir memiliki banderol 1,5 juta euro atau sekitar Rp 22,4 miliar. Selain itu, pemain asing asal Jerman yang juga memperkuat Persija Jakarta, Hanno Behrens juga masuk menjadi salah satu yang termahal dengan harga transfer sekitar 550 ribu euro atau lebih dari Rp8,2 miliar.

Dari sepuluh besar pemain dengan harga tertinggi di Liga 1 2022/2023, hanya satu di antaranya yang memegang paspor Indonesia. 

Ia adalah Marc Klok, yang tak lain adalah pemain naturalisasi asal Belanda yang kini membela Persib Bandung. Harga transfer Klok beberapa waktu lalu ditaksir memiliki banderol sebesar 475 ribu euro.

Jika demikian, lantas siapakah pemain Indonesia atau pemain lokal yang memiliki harga tertinggi? Berikut ini adalah daftar nama-nama mereka.

1. Marc Klok
Setelah memutuskan keluar dari Persija Jakarta pada 23 Juni 2021, Marc Klok kemudian diperkenalkan oleh Persib Bandung sepekan kemudian. Pemain naturalisasi berusia 28 tahun  itu memiliki nilai transfer senilai Rp7,82 miliar. Harganya boleh dikatakan paling tinggi di antara pemain Indonesia atau pemain lokal yang lain.

2. Stefano Lilipaly
Di urutan kedua, ada nama Stefano Lilipaly yang sejak beberapa musim lalu memiliki harga tinggi. Bali United sempat menggelontorkan harga besar untuk mendatangkan Stefano Lilipaly pada 2017 lalu. 

Hasilnya, klub berjuluk Serdadu Tridatu sukses merebut gelar juara di kompetisi Liga 1 untuk pertama kalinya pada 2019. Berkat kontribusinya itu, nilai transfer Lilipaly ikut terdongkrak.

Kini setelah berseragam Borneo FC sejak 1 Mei 2022, harga transfer pemain berusia 32 tahun itu sebesar 350 ribu euro atau lebih dari Rp5 miliar.

3. Evan Dimas 325
Evan Dimas masuk daftar pemain lokal termahal di Indonesia. Mantan gelandang serang Bhayangkara FC itu kini diketahui telah berseragam Arema FC sejak April 2022 lalu. Nila transfer Evan Dimas diketahui naik dan berdasarkan situs transfermarkt, Evan Dimas diboyong Singo Edan dengan harga 325 ribu euro atau lebih Rp4,8 miliar.

4. Andritany Ardhiyasa
Usia penjaga gawang Andritany Ardhiyasa memang sudah tak muda lagi. Namun, kualitasnya dalam menjaga gawang Persija Jakarta tidak perlu diragukan lagi. Berkat penampilan ciamiknya itu nilai transfernya sebesar 300 ribu euro atau Rp 4,4 miliar. 

Sebenarnya ada empat pemain lain yang juga memiliki nilai transfer sama. Mereka adalah Nadeo Argawinata (Bali United), Rachmat Irianto (Persebaya), Osvaldo Haay (Persija) dan Ricky Fajrin (Bali United).

5. Adam Alis
Di peringkat kelima dalam daftar pemain Indonesia atau lokal yang punya banderol tertinggi saat ini ada nama Adam Alis. Pemain Arema FC tersebut ditaksir memiliki bandrol 300 ribu euro.

Harga tersebut Adam Alis berstatus sebagai salah satu pemain termahal di Arema FC bersama Evan Dimas. Musim lalu, Adam Alis bermain dalam 26 laga Liga 1. Dalam 1.611 menit bermain tersebut, pemain tengah serba bisa itu  berhasil mencetak empat gol dan lima assist.

Editor : Reynaldi Hermawan

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda