Infografis 6 Jenderal TNI Pernah Pimpin Kopassus dan Kostrad

Riezky Maulana ยท Senin, 07 Juni 2021 - 19:01:00 WIB
Infografis 6 Jenderal TNI Pernah Pimpin Kopassus dan Kostrad

JAKARTA, iNews.id - Dalam sejarah militer Indonesia, hanya segelintir perwira tinggi TNI yang pernah mencapai puncak karier di dua satuan tempur AD: Kopassus dan Kostrad. Mereka bahkan ada yang terus bersinar hingga menjabat KSAD.

Tercatat enam jenderal yang pernah menjabat Danjen Kopassus dan Pangkostrad. Mereka yakni Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar, Letjen TNI (Purn) Kuntara, Letjen TNI (Purn) Tarub, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo, dan Letjen TNI Eko Margiyono.

Dari enam jenderal tersebut, Wismoyo dan Pramono Edhie Wibowo mencapai puncak pimpinan tertinggi TNI AD alias KSAD. Adapun Prabowo kini menjabat menteri pertahanan.

Sementara itu Eko Margiyono belum lama ini diberikan kepercayaan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk menjabat Kasum TNI. Eko menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang dimutasi sebagai kepala BNPB.

Jabatan Pangkostrad yang ditinggalkan Eko selanjutnya dipercayakan kepada Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Dengan penunjukan ini, Dudung akan promosi bintang tiga.

Editor : Zen Teguh