Infografis Asal-Usul Kata Nusantara, Nama Ibu Kota Baru

Rizal Bomantama ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 17:35:00 WIB
Infografis Asal-Usul Kata Nusantara, Nama Ibu Kota Baru

Infografis Asal-Usul Kata Nusantara, Nama Ibu Kota Baru

JAKARTA, iNews.id - Kata Nusantara menjadi nama ibu kota baru Indonesia yang berada di kawasan Kalimantan Timur (Kaltim). Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memilih nama itu.

Jokowi disebut memilihnya karena sudah sejak lama menjadi representasi Indonesia di mata internasional.

Apa arti Nusantara? Kata Nusantara pertama kali ditemukan dalam kitab Negarakertagama yang merupakan karya Empu Prapanca. Dia merupakan pembesar urusan agama Buddha di istana Majapahit, di mana dia menulis Negarakertagama di tahun 1365 Masehi.

Dari kitab itu diketahui nama Nusantara berasal dari bahasa Jawa kuno yang terbagi menjadi dua kata yaitu "nusa" dan "antara. Nusa berarti pulau dan antara memiliki arti terluar.

Penggunaan kata Nusantara merujuk pada konsep kenegaraan Majapahit yang mencakup kepulauan di wilayah Asia Tenggara. Saat itu, istilah Nusantara yang digunakan Majapahit mencakup juga wilayah Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Bahkan, Patih Majapahit yang terkenal Gajah Mada menyebut kata Nusantara dalam Sumpah Palapa.

Pada abad ke-20, penggunaan nama itu digaungkan kembali oleh Ki Hadjar Dewantara. Nama itu diusulkan sebagai nama negara merdeka yang meliputi bekas kekuasaan Belanda di Hindia Belanda. Meski nama Indonesia akhirnya dipilih, Nusantara tetap digunakan sebagai sinonim untuk menyebutkan kepulauan Indonesia.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: