Infografis Benih Porang Varietas Madiun 1 Jadi Buruan

Arif Wahyu Efendi ยท Senin, 13 September 2021 - 22:34:00 WIB
Infografis Benih Porang Varietas Madiun 1 Jadi Buruan

Benih Porang Varietas Madiun 1 JAdi Buruan (iNews.id).

MADIUN, iNews.id - Benih porang variestas Madiun 1 diburu banyak petani di berbagai daerah di Indonesia. Benih porang produksi Perkumpulan Petani Porang Indonesia (Peporindo) di desa Moneng Kecamatan Pilangkenceng, Madiun ini jadi pilihan karena dianggap memiliki kualitas paling bagus. 

Pengakuan ini disampaikan para petani porang di Trenggalek. Mereka menilai benih porang varietas Madiun 1 secara fisik kuat dan padat, sehingga tidak mudah pecah. Selain itu kadar air juga sedikit dan yang terpenting alami, sehingga siap tanam. 

Karena itu Minggu (12/9/2021) kemarin dia bersama para petani Trenggalek datang membeli. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 21 ton porang varietas Madiun 1 mereka pesan. Selain itu mereka juga datang langsung untuk belajar tentang budidaya tanaman porang.

"Madiun dipilih karena sudah terkenal dan bibitnya tersertifikasi Madiun 1, yang diedarkan PT Repindo," Ujar Karyanto sambil melihat benih porang di gudang PT Repindo, Minggu (12/09/2021) sore.

Bersama petani lainnya, Karyanto mengaku memesan benih porang Madiun 1 kualifikasi umbi. Alasanya, dengan menanam benih umbi, maka bisa dipanen dalam satu kali musim tanam antara tujuh hingga delapan bulan. 

Dia berharap hasil panen bisa dijual dan hasilnya bisa di gunakan untuk menutup kredit di Bank, membeli bibit baru hingga menambah pundi pundi tabungan. 

"Kita beli benih umbi yang satu kilo isi dua atau tiga. Nanti satu musim tanam bisa dipanen dengan tiap umbi bisa menjadi 2,5 hingga 3 kg. Dengan panen tiap satu periode musim tanam, uang hasil panen bisa digunakan diantaranya untuk memenuhi kebutuhan hidup, melunasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI, membeli benih baru hingga menambah tabungan," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Bagikan Artikel: