Infografis China Sukses dalam Misi Kargo Pertama ke Stasiun Luar Angkasa Baru

Dini Listiyani · Kamis, 03 Juni 2021 - 18:27:00 WIB
Infografis   China Sukses dalam Misi Kargo Pertama ke Stasiun Luar Angkasa Baru

CALIFORNIA, iNews.id - China mengambil langkah baru dalam eksplorasi luar angkasa. Negeri Tirai Bambu itu telah mengonfirmasi misi kargo pertamanya telah berhasil berlabuh di stasiun luar angkasa barunya. 

Menurut laporan media China, mengangkut persediaan dan propelan, pesawat luar angkasa Tianzhou-2 yang tidak berawak mencapai modul utama Tianhe sekitar 230 mil di atas Bumi pada Minggu 30 Mei 2021. 

Roket Long March-7 Y3 yang membawa Tianzhou-2 meluncur dari Wenchang Spacecraft Launch Site di Provinsi Hainan sekitar 1.500 mil barat daya Beijung pada Sabtu, 29 Mei 2021, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Rabu (2/6/2021). 

Docking yang sukses membuka jalan bagi astronot China pertama untuk mengunjungi stasiun tersebut sebagai bagian dari misi Shenzhou-12. Ketiga anggota awak tersebut diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional China.

Ambisi luar angkasa China telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dengan misi menantang ke bulan dan Mars mendapatkan perhatian global. China tidak terlibat dalam International Space Station (ISS), situasi yang mendorongnya untuk mengerahkan dua stasiun ruang angkasa prototipe - Tiangong 1 dan Tiangong 2 - dalam dekade terakhir sehingga dapat memiliki pos orbit sendiri di luar angkasa. 

Keduanya sekarang telah dinonaktifkan. Tapi, pelajaran yang didapat dari proyek tersebut mengarah pada rencana untuk satelit terbarukan yang dapat dihuni, Stasiun Luar Angkasa China.

Editor : Dini Listiyani