Infografis Edinson Cavani Terjerat Sanksi 3 Laga Plus Denda

Andika Pratama ยท Jumat, 01 Januari 2021 - 15:43:00 WIB
Infografis Edinson Cavani Terjerat Sanksi 3 Laga Plus Denda

MANCHESTER, iNews.id – Striker Manchester United (MU) Edinson Cavani terjerat sanksi tiga pertandingan. Hukuman itu dijatuhkan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) karena penyerang asal Uruguay itu dianggap bertindak rasis.

Sanksi tersebut merupakan imbas dari komentarnya yang dituliskan di Insta Stories miliknya usai MU menang dramatis 3-2 atas Southampton pada 29 November 2020.

Pada laga itu, Cavani menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol dan satu assist. Mantan bomber Paris Saint-Germain dan Napoli itu pun menerima banyak pujian di Instagram atas penampilan apiknya dalam pertandingan tersebut.

Cavani membalas salah satu pujian itu melalui insta stories dengan menuliskan, “Gracias Negrito.” Kata Negrito, yang berarti kulit hitam kecil, menjadi sumber permasalahan.

Cavani sejatinya langsung menghapus unggahan tersebut. Dia pun memberikan penjelasan tentang unggahan yang menjadi polemik tersebut. Menurutnya, kata itu digunakan sebagai panggilan penuh rasa sayang kepada seorang teman. Meski begitu, Cavani tetap meminta maaf atas unggahannya.

“Pesan yang saya unggah setelah pertandingan akhir pekan lalu bermaksud sebagai salam penuh kasih sayang terhadap seorang teman, serta bentuk ucapan terima kasih atas dukungannya,” ujar Cavani, dilansir dari laman resmi klub, pada awal Desember 2020.

“Hal terakhir yang saya inginkan adalah menyakiti siapa pun. Saya sesungguhnya menentang segala bentuk rasisme dan langsung menghapus unggahan itu sesegera mungkin. Saya meminta maaf untuk itu,” tuturnya.

Permintaan maaf Cavani mungkin diterima, tetapi penyelidikan FA tetap berlanjut. FA akhirnya memutuskan untuk menghukum pemain berjuluk El Matador itu larangan tampil di tiga pertandingan.

Cavani tidak bisa main saat MU melawan Aston Villa (Liga Inggris), Manchester City (semifinal Piala Liga Inggris), dan Watford (putaran ketiga Piala FA).

Selain dilarang tampil dalam tiga pertandingan, Cavani juga menerima denda sebesar 100 ribu poundsterling (Rp1,9 milliar).

“Penyerang Manchester United Edinson Cavani telah dilarang tampil dalam tiga pertandingan dan didenda 100.000 pounds karena unggahan di Instagram bulan lalu (November),” bunyi pernyataan FA, mengutip dari Sky Sports, Jumat (1/1/2021).

“Cavani juga harus menyelesaikan pendidikan tatap muka setelah mengakui tuduhan pelanggaran FA Rule E3. Dia akan melewatkan pertandingan MU melawan Aston Villa, Manchester City dan Watford,” lanjut pernyataan FA.

Editor : Abdul Haris