Infografis Elvira Nabiullina, Bankir Andalan Putin Penyelamat Ekonomi Rusia

Jeanny Aipassa ยท Jumat, 06 Mei 2022 - 14:29:00 WIB
Infografis Elvira Nabiullina, Bankir Andalan Putin Penyelamat Ekonomi Rusia

Infografis Elvira Nabiullina, Gubernur Bank Sentral Rusia. (dok iNews)

MOSKOW, iNews.id - Elvira Nabiullina, perempuan pertama yang menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral Rusia, disebut menjadi andalan Presiden Vladimir Putin untuk menjaga ketahanan ekonomi negara itu. 

Terhitung sudah dua bulan sanksi barat ke Rusia diberlakukan sebagai protes atas agresi militer ke Ukraina. Meski demikian, Rusia mengklaim sanksi tersebut lebih memukul Barat dibandingkan Rusia. Hal itu, terbukti dari inflasi tinggi yang dialami Amerika Serikat (AS) dan sekutu pada Maret 2022. 

Berikut fakta-fakta Elvira Nabiullina, bankir andalan Putin yang menjadi penyelamat ekonomi Rusia, sebagaimana dihimpun iNews dari berbagai sumber: 

1. Tak Asing dengan Krisis Ekonomi

Elvira Nabiullina tidak asing dengan krisis ekonomi. Sejak mengambil alih posisi Gubernur Bank Sentral Rusia pada 2013, dia terbukti mampu menjaga ekonomi Rusia dari gempuran sanksi Barat akibat aneksasi yang dilakukan negara itu terhadap Krimea pada 2014. 

Ketika rubel Rusia anjlok terhadap dolar AS di tengah jatuhnya harga minyak dan sanksi Barat yang melumpuhkan pada 2014, Elvira Nabiullina menaikkan suku bunga menjadi 17,5 persen dan mengalihkan rubel menjadi mata uang yang mengambang bebas.

Kebijakan moneter konservatif yang diberlakukannya, membantu Rusia kembali ke pertumbuhan dan menurunkan inflasi, sekaligus membawanya memenangkan penghargaan global. Publikasi Barat, termasuk Euromoney dan The Banker, memujinya sebagai salah satu pembuat kebijakan moneter terbaik di dunia.

"Saya pikir Elvira Nabiullina adalah seorang teknokrat yang efektif, tetapi dia pada akhirnya masih menjadi bagian dari sistem Putin. Dan dalam sistem Putin, tugas seorang teknokrat bukanlah melakukan yang terbaik untuk rakyat Rusia, tetapi melakukan yang terbaik untuk sistem Putin," kata Maximilian Hess, pakar Rusia di Institut Penelitian Kebijakan Luar Negeri di London. 

2. Memberantas Korupsi di Sektor Perbankan

Elvira Nabiullina menentang keras tindakan korupsi yang hanya memperkaya pejabat dan menyengsarakan orang miskin. Dia dipuji karena tekad bajanya untuk memberantas korupsi di sektor perbankan Rusia. 
Ratusan lisensi perbankan ditarik, termasuk dari lembaga yang dianggap tidak tersentuh sampai saat itu. Akibatnya, hampir separuh bank di Rusia dilikuidasi dan jumlahnya menjadi sekitar 500. Tindakan tegasnya terhadap korupsi di perbankan membuatnya semakin mendapat kepercayaan dari Presiden Putin.

"Dia adalah bankir yang ebnar-benar tidak pernah mengambil kepentingan pribadi atau membahas masalah kleptokrasi dan uang kotor," kata Timothy Ash, ahli strategi pasar berkembang di BlueBay Asset Management. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda