JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI beserta anak perusahaannya menyediakan berbagai fasilitas untuk Angkutan Mudik Lebaran 2023. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman mudik yang nyaman kepada masyarakat, khususnya penumpang kereta.
Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa menuturkan, salah satu fasilitas yang dihadirkan KAI adalah Face Recognition Boarding Gate. Hal ini untuk meningkatkan kecepatan pelayanan dan akurasi pemeriksaan dengan pemindaian wajah pelanggan.
Selain itu, KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 143 orang yang tersebar di 32 Stasiun dan 588 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta.
Fasilitas baru lainnya yang KAI hadirkan yaitu Water Station yang pada tahap awal hadir di tiga stasiun besar yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Surabaya Gubeng.
KAI menghadirkan Water Station sebagai kampanye ramah lingkungan, mengajak pelanggan membawa tumbler pribadi agar mengurangi sampah plastik.
Selain itu, KAI juga menghadirkan Pojok Baca dengan 1.905 buku bacaan anak yang tersedia di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Solo Balapan, Semarang Tawang, dan Surabaya Gubeng.
Editor: Aditya Pratama