Infografis Kampung YouTuber di Bondowoso

Shelma Rachmahyanti ยท Sabtu, 23 Oktober 2021 - 23:31:00 WIB
Infografis Kampung YouTuber di Bondowoso

Infografis Kampung YouTuber di Bondowoso, Jawa Timur.

JAKARTA, iNews.id – Dusun Posong, Kabupaten Bondowoso, Jawa timur, mendapat julukan sebagai ‘Kampung YouTuber’. Pasalnya, sebagian besar pemuda di kampung ini berprofesi sebagai konten kreator untuk saluran YouTube

Diketahui dari hasil menjadi YouTuber, para pemuda di dusun ini bisa melunasi utang orang tua (ortu) mereka, bahkan membeli mobil keluaran terbaru, hingga membangun rumah. 

“Pertama berhasil membahagiakan orang tua, terus melunasi semua utang orang tua, dan juga bisa beli mobil, motor, dan juga Alhamdulillah bisa buat rumah,” kata salah satu Youtuber asal Dusun Posong, Muhammad Jamal Khairullah, seperti dikutip dari akun YouTube Buletin iNews, Rabu (20/10/2021).

Adapun keberhasilan pemuda-pemuda Dusun Posong ini tidak lepas dari sosok Imam Januar yang dijuluki "Suhu YouTube" karena sering membagikan tips untuk warganet bahkan pemuda di kampungnya untuk membuat channel YouTube dan mengisinya dengan konten kreatif. 

Imam  Januar yang mengajari para pemuda-pemuda dari Dusun Posong membuat konten YouTube hingga akhirnya berhasil dan membuat desa mereka dijuluki "Kampung YouTuber".

“Alhamdulillah itu visi misi saya, seketika waktu itu saya mulai ada cemoohan dari orang ketika saya hanya bekerja sendirian. Itu bagi saya kurang mulai terasa saya mendapatkan sindiran atau merasa kurang bermanfaat ketika saya itu hanya mendapatkan penghasilan sendiri dari YouTubenya,” ujar Imam Januar.

Berkat ilmu yang disalurkan Imam Januar kepada pemuda-pemuda Dusun Posong, jumlah pengangguran di kampungnya pun berkurang. Di mana, pemuda-pemuda yang baru menyelesaikan sekolah dapat langsung bekerja sendiri dengan menjadi YouTuber.  

“Sehingga saya itu memiliki visi bagaimana saya mengangkat kampung saya menjadi kampung YouTuber dan untuk mengangkat pengangguran. Jadi mengurangi angka pengangguran dan Alhamdulillah sekarang sudah hampir pemuda yang baru lulus sekolah itu tidak harus bekerja ke orang lain tapi sudah menjadi bos sendiri,” tutur Imam Januar.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: