Infografis Ketentuan Pokok Penyelenggaraaan PTM Terbatas di Masa Pandemi

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 13 Juni 2021 - 06:00:00 WIB
Infografis Ketentuan Pokok Penyelenggaraaan PTM Terbatas di Masa Pandemi

JAKARTA, iNews.id – Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19 mulai dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajar 2021/2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menekankan, PTM terbatas ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Pelaksanaan PTM terbatas didasarkan pada Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan Kemendikbudristek dan Kemenag. Panduan dapat diunduh di https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id

Panduan antara lain mengatur ketentuan pokok penyelenggaraan PTM terbatas dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan hak orang tua/wali peserta didik dalam memilih metode pembelajaran (PTM Terbatas atau PJJ) bagi anaknya.

Ketentuan pokok juga mengatur tentang pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran oleh pemerintah dan/atau dinas pendidikan/kanwil kementerian agama.

PTM Terbatas dihentikan jika ada konfirmasi kasus Covid-19 di satuan pendidikan dan diberhentikan sementara apabila ada kebijakan pemerintah daerah terkait pengendalian Covid-19.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, PTM Terbatas  di tengah pandemi Covid-19 tidak sama dengan sekolah tatap muka sebagaimana dalam situasi normal.

Menurut Nadiem, sekolah yang sudah atau dalam proses melakukan PTM terbatas dengan durasi belajar dan jumlah murid berbeda tetap diperbolehkan selama mengikuti protokol kesehatan dan di bawah batas maksimal yang tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Nadiem menambahkan, 30 persen satuan pendidikan telah melakukan PTM Terbatas sesuai situasi dan kondisi masing-masing. Sebagian baru memulai PTM terbatas beberapa bulan terakhir, ada pula yang sudah melakukan PTM terbatas sejak tahun lalu.*

#SayangiIndonesia #JanganAbai #PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun #KesehatanPulihEkonomiBangkit

Editor : Zen Teguh