Infografis Menu Pendamping Ketupat Lebaran

Siska Permata Sari ยท Kamis, 13 Mei 2021 - 05:15:00 WIB
Infografis Menu Pendamping Ketupat Lebaran

JAKARTA, iNews.id - Bagi banyak orang, Lebaran tak lengkap tanpa opor ayam dan ketupat. Makanan ini memang sangat identik dengan perayaan Idul Fitri.

Namun opor ayam bukan satu-satunya menu pendamping ketupat di Hari Kemenangan ini. Selain opor, terdapat menu lain yang tak kalah sedap disajikan bersama ketupat. Apa saja?

Pertama, sayur lodeh labu siam. Sayur khas yang terbuat dari irisan tipis labu siam dan bumbu santan, serta sedikit pedas ini cocok jadi makanan pendamping ketupat Lebaran. Rasanya makin lezat jika ditambah kerupuk dan taburan bawang goreng.

Kedua, rending. Lazimnya, rendang menggunakan daging sapi, tapi untuk momen Lebaran Anda bisa mengganti dengan ayam ataupun telur. Rendang cocok disajikan sebagai lauk pendamping ketupat. 

Ketiga, sate ayam. Jika bosan dengan makanan berkuah, Anda bisa coba padukan ketupat dengan sate ayam. Perpaduan ketupat dengan sate ayam berbumbu kacang yang manis sangatlah nikmat.

Keempat, semur daging. Menu ini terkenal memiliki cita rasa gurih dengan aroma rempah yang kuat. Ketupat cocok juga disantap bareng kuah semur daging.

Editor : Zen Teguh