Infografis Mohammad Deif, Panglima Perang Hamas Berjuluk Kucing 9 Nyawa

Riezky Maulana ยท Sabtu, 15 Mei 2021 - 19:48:00 WIB
Infografis Mohammad Deif, Panglima Perang Hamas Berjuluk Kucing 9 Nyawa

JAKARTA, iNews.id - Serangan brutal Israel terhadap Palestina dilawan Brigade Izzudin Al Qassam, sayap militer Hamas. Pasukan perang ini dipimpin Mohammad Deif.

Terlahir dengan nama Mohammed Diab Ibrahim al-Masri, Deif menjadi orang 'paling dicari' Israel selama 26 tahun terakhir sejak 1995. Dia dituduh mendalangi pembunuhan, bom bunuh diri dan penculikan terhadap tentara Israel. 

Laporan yang ditulis Global Research menyebut Deif sebagai ‘personifikasi Palestina’. Saat meletusnya intifada pertama, Deif bergabung dengan barisan milisi Hamas. Dia ditangkap oleh Israel pada Mei 1989, dan dijatuhi hukuman 16 bulan penjara.

Bebas pada 1991, Deif langsung pergi ke Brigade Al Qassam. Di situ dia bertemu Yahya Ayyash yang kelak menjadi mentornya. Yahya Ayyash dijuluki sebagai Sang Insinyur atas kemahirannya membuat bom dan taktik militer.

Peran Deif perlahan terus meningkat dalam struktur komando Hamas. Ketika Israel membunuh Ayyash menggunakan ponsel peledak, Deif membalas dendam dengan mendalangi serangkaian serangan bom mematikan terhadap warga Israel pada Februari dan Maret 1996. 

Militer zionis Israel telah berulangkali mencoba membunuhnya. Namun dari lima kali serangan besar Deif selalu selamat, meski terluka. Reputasi inilah yang membuatnya dijuluki Kucing 9 Nyawa.

Editor : Zen Teguh