Infografis Perseturuan Duterte dan Manny Pacquiao soal China

Anton Suhartono · Jumat, 11 Juni 2021 - 20:46:00 WIB
Infografis Perseturuan Duterte dan Manny Pacquiao soal China

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte silang pendapat dengan petinju Manny Pacquiao yang juga anggota Senat soal sengketa wilayah Laut China Selatan dengan China.

Sebelumnya pria berjuluk Pacman itu menilai sikap Duterte terhadap China masih lemah.

Duterte merespons pernyataan itu dalam wawancara televisi. Dia menyebut pengetahuan Pacquiao soal kebijakan luar negeri Filipina cetek dan memintanya belajar terlebih dulu sebelum memberikan pernyataan.

Rupanya Pacquiao tak terima begitu saja, dia kembali merespons pernyataan Duterte dengan mengatakan, pemerintah harus melakukan dialog atas sengketa ini seraya menegaskan sikapnya untuk melindungi hak-hak kedaulatan negara.

"Saya menghormati pendapat Presiden, tapi dengan rendah hati saya tidak setuju dengan penilaiannya soal pemahaman saya mengenai kebijakan luar negeri," kata Pacquiao.

"Saya warga Filipina, menyuarakan apa yang perlu diungkapkan untuk membela apa yang sudah diputus sebagai hak kita," ujarnya lagi, merujuk pada hasil Pengadilan Arbitrase Internasional 2016 yang dimenangkan Filipina dalam sengketa melawan China.

Duterte menghadapi banyak kritikan terkait sikapnya terhadap China yang mengerahkan Angkatan Laut, Penjaga Pantai, serta kapal penangkap ikan ke perairan yang disengketakan dengan Filipina. Menurut Duterte, melakukan tindakan terhadap China tak akan ada gunanya.

Editor : Anton Suhartono