Infografis Sejarah Mobil, Bermula dari Eropa dan Mesin Uap

Fikri Kurniawan ยท Jumat, 14 Mei 2021 - 19:07:00 WIB
Infografis Sejarah Mobil, Bermula dari Eropa dan Mesin Uap

JAKARTA, iNews.id - Penciptaan mesin tenaga uap turut merevolusi kendaraan pengangkut manusia. Dari semula menggunakan hewan, mulai beralih ke mesin.

Lahirlah kendaraan bermesin yang kelak dikenal sebagai mobil. Tentu saja bentuknya tidak sehebat saat ini. Fakta menunjukkan mobil bermula dari kendaraan roda tiga dengan mesin tenaga uap yang muncul di Benua Eropa pada ke-18. 
 
Dimulai pada 1769 ketika ilmuwan Prancis, Nicolas J Cugnot, menciptakan kendaraan dengan roda tiga berbadan cukup besar. Namun karena teknologi mesin saat itu belum berkembang seperti sekarang, yang digunakan berasal dari tenaga uap.
 
Ketika itu, kendaraan ini hanya dipakai untuk mengangkut meriam untuk perang. Kemunculan kendaraan ini memicu para ilmuwan dari berbagai negara untuk mengembangkan dan menyempurnakan.
 
Sebagai contoh William Murdock dan James Watt di Inggris, Richard Trevithick serta Sir G Gurney yang menciptakan mobil berkecepatan 20 km/jam, hingga Joseph E Lenoir dengan gebrakan awal mula mesin bertenaga bahan bakar.
 
Di Jerman, Carl Benz mencoba mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin. Pada waktu hampir bersamaan, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach juga membuat mobil dengan bahan bakar bensin. 
 
Namun pada akhirnya, Benz berhasil menciptakan versi sempurna dari mobil ciptaannya dan dipatenkan pada 1879.

Editor : Zen Teguh