Infografis Sepatu Fashionable dari Kulit Ceker Ayam  

Elvira Anna · Jumat, 30 September 2022 - 13:33:00 WIB
Infografis Sepatu Fashionable dari Kulit Ceker Ayam  

Infografis Sepatu dari ceker ayam. (Foto: tim grafis iNews.id)

JAKARTA, iNews.id  – Kreativitas generasi milenial seolah tak ada batasnya. Hal itu terlihat dari salah seorang desainer asal Bandung Nurman Farieka berhasil menjadikan kulit ceker ayam sebagai bahan baku sepatu fashionable. 
 
Nurman Farieka menjadi salah satu finalis Super Adventure Dare To Be The Next Superpreneur dari kategori clothing & apparels. Lewat brand yang diberi nama Hirka entrepreneur muda asal Bandung, Jawa Barat ini memiliki bisnis dan memasarkan sepatu menggunakan kulit ceker ayam sebagai material utama. Nurman mengatakan, kulit ceker ayam memiliki keunikan karena tekstur dan tampilannya eksostis seperti kulit reptil. 
 
“Dengan tekstur yang mirip kulit ular dan reptil lainnya, kulit ceker ayam bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan item fashion. Sehingga kulit ceker ayam bukan hanya jadi limbah, melainkan juga produk fashion bernilai tinggi dan mampu menggantikan penggunaan kulit ular agar populasinya tetap lestari. Ide ini yang terus kami dengungkan, salah satunya dengan kampanye #KisaHirka,” kata Nurman dikutip dari siaran pers, Kamis (29/9/2022).
 
Demi menekuni bisnis fashion, Nurman secara khusus mendalami teknik penyamakan kulit ceker ayam yang cukup rumit. Dibutuhkan waktu sekitar 14 hari untuk mengubah kulit mentah menjadi kulit tersamak. Untuk satu sepatu, dibutuhkan 20 sampai 80 kulit ceker ayam. Dengan harga sepasang sepatu dibanderol mulai dari Rp400. 000 hingga termahal Rp 6 juta, Hirka sudah dipasarkan ke mancanegara mulai dari Asia hingga ke Eropa.

Infografis Sepatu dari ceker ayam. (Foto: tim grafis iNews.id)
Infografis Sepatu dari ceker ayam. (Foto: tim grafis iNews.id)


 

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda