Infografis Vitamin C Perkuat Imunitas Tubuh

Siska Permata Sari ยท Senin, 03 Mei 2021 - 19:45:00 WIB
Infografis Vitamin C Perkuat Imunitas Tubuh

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 tak dimungkiri membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Berbagai cara dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam membentengi dari penyakit, mulai olahraga hingga mengonsumsi makanan sehat dan vitamin. 

Sebuah riset membuktikan 54 persen dari responden menunjukkan preferensi yang lebih tinggi untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen setelah pandemi terjadi. Salah satu vitamin yang direkomendasikan yaitu vitamin C

“Vitamin C merupakan zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh manusia. Salah satunya adalah sebagai antioksidan, yang dapat mendukung fungsi sel imun dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinik, Inge Permadhi, dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5/2021). 

Dia menjelaskan, vitamin C tidak dapat disintesis tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan khususnya sayur dan buah-buahan yang dikonsumsi. Selain itu, vitamin C juga tidak dapat disimpan dalam tubuh untuk jangka waktu lama karena ini merupakan vitamin yang larut dalam air.  

“Karena itu, penting sekali untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang tepat dan baik, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan setiap orang,” ujarnya.

Editor : Zen Teguh