Infografis Wahyana Wasit Indonesia yang Pimpin Final Olimpiade Tokyo

Rivan Nasri Rachman ยท Jumat, 06 Agustus 2021 - 04:18:00 WIB
Infografis Wahyana Wasit Indonesia yang Pimpin Final Olimpiade Tokyo

Infografis Wahyana Wasit Indonesia yang Pimpin Final Olimpiade Tokyo

TOKYO, iNews.id- Wasit asal Indonesia Wahyana menjadi sorotan karena memimpin final tunggal putri cabang olahraga (cabor) bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. Dia ternyata merupakan seorang guru.

Final tunggal putri bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 mempertemukan antara atlet asal China, Chen Yufei melawan Tai Tzu Ying (Taiwan). Pertandingan itu dimenangkan Chen Yufei dengan rubber game.

Kehadiran Wahyana memimpin laga final menjadi sebuah kebanggaan karena ada orang Indonesia yang dipercaya untuk memimpin pertandingan besar di Olimpiade Tokyo 2020. Wahyana memang merupakan wasit bulu tangkis terbaik yang dimiliki Indonesia. 

Dia sudah memiliki sertifikat wasit internasional dari BWF dan terus menjadi wasit laga-laga BWF sejak 2012. Wahyana memulai kariernya sebagai wasit pada 1998 silam. Pria asal Sleman itu dengan cepat melejitkan namanya hingga dipercaya menjadi wasit bulu tangkis di internasional pada 2006.

“Untuk menjadi wasit di Olimpiade perjalananya cukup panjang. Karena untuk bisa (menjadi wasit) di Olimpiade itu harus punya lisensi tertinggi, yakni lisensi BWF. Bisa dapat itu melalui tahapan yang banyak dan cukup lama,” kata Wahyana saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (4/8/2021).

"Saya memulai karier internasional dari 2006 dan baru 2012 mendapatkan lisensi BWF, itu cukup lama,” tuturnya.

Editor : Ibnu Hariyanto