Infografis Waspadai 7 Modus Kejahatan saat THR Cair

Wiendy Hapsari ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 11:46:00 WIB
Infografis Waspadai 7 Modus Kejahatan saat THR Cair

JAKARTA, iNews.id - Datangnya tunjangan hari raya atau THR selalu menghadirkan kegembiraan. Namun sebaiknya jangan disikapi berlebihan.

Selain harus digunakan bijak, terpenting jangan lupakan untuk selalu hati-hati atau waspada. Di momen-momen seperti ini banyak modus kejahatan mengintai. Pelaku kriminal seperti sadar betul di momen saat ini uang beredar di masyarakat lebih banyak.

Data Mabes Polri menunjukkan, angka kejahatan menjelang Lebaran cenderung meningkat setiap tahun. Lantas apa saja modus-modus kejahatan yang harus diwaspadai? 

Pertama, pencurian. Berdasarkan data Mabes Polri 2020, jumlah kasus pencurian biasa dan pencurian dengan pemberatan menjadi jenis kejahatan yang paling mendominasi di momen jelang Lebaran

Ada juga penjambretan. Kebiasaan menggunakan gawai di jalan umum yang membuat fokus teralihkan, bisa menjadi sasaran empuk penjambret

Kemudian, pembiusan atau hpnosis. Saat ini kasus kejahatan melalui pembiusan bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti lewat makanan dan minuman, bahkan menggunakan wewangian. 

Harus diwaspadai pula kejahatan skimming. Tetap lah berhati-hati menggunakan kartu debit atau kartu kredit saat berbelanja karena adanya kejahatan skimming yang memungkinkan pelaku mencuri semua informasi dari kartu Anda.

Editor : Zen Teguh