PAMEKASAN, iNews.id – Mahasiswa KKN 11 Universitas Madura lakukan kegiatan
"Pengembangan UMKM di Desa Larangan Luar melalui pelatihan penggunaan Whatsapp Bisnis dan Penggunaan Canva untuk re-branding logo usaha". Kegiatan ini merupakan salah program kerja utama dari KKN 11 Universitas Madura yang dilaksanakan di Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan di bawah bimbingan Cepryana S Widyananda, dengan melibatkan mahasiswa lintas jurusan dari berbagai fakultas yang ada di UNIRA.
Potensi UMKM Desa Larangan Luar yang dapat dikembangkan untuk memajukan perekonomian di Desa tersebut antara lain Keripik Pisang, Keripik Singkong dan Jamu. Pada saat observasi awal, pemilik UMKM menyatakan bahwasannya penjualan produk hanya terbatas di lingkungan sekitar dan belum memiliki logo usaha, belum adanya rumah produksi yang mumpuni juga menjadi salah satu kendala sehingga pengajuan ijin edar oleh BPOM belum dimiliki meski begitu sertifikat halal sudah dikantongi oleh pelaku UMKM yang ada di Desa Larangan Luar.
Kegiatan yang merupakan bagian dari program kerja mahasiswa KKN ini bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi Masyarakat Desa Larangan Luar khususnya bagi pemilik UMKM. Sebagai upaya untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada, Whatsapp Bisnis dipilih oleh mahasiswa KKN UNIRA untuk optimalisasi UMKM karena aplikasi tersebut sudah cukup familiar penggunaannya dikalangan pelaku usaha, sehingga mudah dipelajari dan dikelola. Pemilik UMKM sangat tertarik ketika mahasiswa menjelaskan tentang kegunaan detail dari Whatsapp Bisnis. Selain itu, mahasiswa juga memberikan pelatihan terkait penggunaan aplikasi editing Canva yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan bisnis mereka. Mahasiswa memberikan tutorial cara membuat logo dan katalog dengan memodifikasi pola yang tersedia di aplikasi tersebut. Ibu Anisatul Muti'ah selaku pemilk usaha 'Jamuku - Mbak Anisa' mengatakan bahwa kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN ini sangat membantu bagi usahanya, jadi tahu cara menggunakan aplikasi canva untuk pembuatan logo yang lebih menarik & modern untuk keperluan promosi melalui Whatsapp Bisnis. Besar harapan dari pelaku UMKM terhadap pengembangan usahanya, hal ini juga mendapat dukungan penuh dari perangkat Desa serta Masyarakat setempat.
Melalui kegiatan Pengembangan Pengetahuan Pelaku UMKM dengan Pelatihan Digital Marketing & Re-Branding Logo Usaha ini, diharapkan UMKM di Desa Larangan Luar dapat memperluas jangkauan pemasarannya, sehingga UMKM tersebut dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian Desa Larangan Luar.
Editor: Yudistiro Pranoto